INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inilah Manfaat Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

 

Daun sirih sendiri mengandung antiseftik dan kandungan fenol dalam antiseftif tersebut lima kali lebih efektif daripada fenol biasa. Selain itu kandungan daun sirih bisa mengobati berbagai jenis penyakit yang sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh kita.

Daun sirih sering kita jumpai di hutan ataupun di pasar, tetapi kita tidak tahu akan manfaat daun sirih tersebut.  Daun sirih hijau memiliki kandungan yang sangat banyak sekali untuk kesehatan dan kecantikan wajah, karena daun sirih hijau mengandung kavibetol, kavicol, estragol,hidrosikavicol, minyak atsiri, fenil propane, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene,diastase, tannin, pati, seskuiterpena, terpennene dan gula. Zat-zat inilah yang membuat daun sirih sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini adalah beberapa macam manfaat daun sirih untuk kesehatan beserta cara mengolahnya :
Selain rasa buahnya yang sangat khas ternyata sirsak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pada bagian yang lain yaitu daun sirsak. Menurut Sebuah study yang dilakukan oleh para ahli kesehatan di Purdue Universiti, Amerika menyebutkan bahwa manfaat daun sirsak tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah kanker. namun juga dapat menyembuhkan berbagai pernyakit 

Selain rasa buahnya yang sangat khas ternyata sirsak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pada bagian yang lain yaitu daun sirsak. Menurut Sebuah study yang dilakukan oleh para ahli kesehatan di Purdue Universiti, Amerika menyebutkan bahwa manfaat daun sirsak tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah kanker. namun juga dapat menyembuhkan berbagai pernyakit


Selain rasa buahnya yang sangat khas ternyata sirsak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pada bagian yang lain yaitu daun sirsak. Menurut Sebuah study yang dilakukan oleh para ahli kesehatan di Purdue Universiti, Amerika menyebutkan bahwa manfaat daun sirsak tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah kanker. namun juga dapat menyembuhkan berbagai pernyakit kronis lainnya seperti diabetes dan asam urat, dan asma


Mengatasi Diare
Bahan: 6 lembar daun sirih, 6 merica dan satu sendok makan minyak
Tumbuk ketiga bahan sampai lembut kemudian gosokkan pada perut penderita diare.

Bronkhitis
7 lembar daun sirih dihaluskan kemudian dicampur dengan 1 buah gula batu dan rebuh ke dalam dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Hasil rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum sebanyak 3 kali sehari dengan sekali minumnya adalah tiga sendok makan.

Mata Gatal dan Merah
Rebus 6 lembar daun sirih yang masih muda ke dalam satu gelas air. Hasil rebusan setelah dingin kemudian digunakan untuk mencuci mata sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Untuk Keputihan
10 helai daun sirih direbus ke dalam dua setengah liter air bersih. Setelah mendidih kemudian dinginkan dan gunakan untuk membersihkan vgina.

Dapat menghilangkan bau mulut, caranya yaitu dengan merebus daun sirih hijau sebanyak 2-3 lembar. Kemudian air rebusan itu digunakan untuk berkumur-kumur, lakukan metode ini di malam sebelum tidur secara rutin maka bau mulut pun akan hilang.

Dapat mengobati sakit gigi dan gusi yang bengkak, caranya yaitu dengan menguyah daun sirih hijau satu lembar lalu diamkan beberapa saat sekitar 10-15 menit. Kemudian bersihkan dengan cara berkumur dengan menggunakan air hangat, lakukan pengobatan ini secara rutin dan sakit gigi dan bengkaknya pun berangsur-angsur akan sembuh.

Dapat mengobati sariawan, cara untuk mengatasi sariawan yaitu dengan menguyah satu lembar daun sirih lalu diamkan beberapa saat, setelah itu kumur-kumur dengan air hangat. Jika anda tidak kuat dengan baunya, anda dapat merebus 3 lembar daun sirih dengan 2 gelas air lalu rebus sampai airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian kumur-kumur dengan air rebusan daun sirih dalam keadaan hangat. Minum secara teratur 1 gelas sehari ini sampai sariawannya sembuh.

Dapat dijadikan obat untuk mengobati demam berdarah, caranya yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan ditambah 2 gelas air lalu rebus sampai tersisa 1 gelas. Kemudian air rebusan daun sirih tersebut diminum secara teratur 2 kali sehari. Untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah caranya yaitu dengan menumbuk daun sirih sampai halus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang tidak terlindungi. Maka nyamuk penyebab demam berdarah pun dijamin tidak akan berani menggigit.

Dapat mengobati luka bakar, caranya yaitu dengan memanaskan daun sirih sampai layu lalu tempelkan diatas kulit yang terkena luka bakar. Dalam beberapa hari luka bakarnya pun akan berangsur-angsur membaik.

Itulah beberapa cara khasiat daun sirih dan kegunaanya untuk kesehtan tubuh yang sangat bermanfaat sekali buat kita untuk pengobatan tradisional alami. Semoga bermanfaat buat semuanya.

0 Comments: