INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inilah  Manfaat Khasiat Buah Oyong (Gambas) untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Khasiat Buah Oyong (Gambas) untuk Kesehatan Tubuh

 

Sebagian orang mungkin belum mengetahui wujud gambas seperti apa? Wujud gambas bisa anda perhatikan pada foto disamping ini. Gambas mempunyai  banyak manfaat, sebagai makanan sayur gambas mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi, terutama ca dan mg, gambas dapat berguna bagi penderita darah tinggi dan diabetes. Selain untuk konsumsi, ternyata gambas dapat digunakan sebagai bahan baku sabun. Bahkan sabun yang terbuat dari gambas mempunyai manfaat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Di Amerika, gambas dibudidayakan dalam skala besar. Industri gambas berkembang dengan pasar utama Jepang. Yaa.. di Jepang, gambas digunakan untuk sabun kesehatan. Nah, selain kedua manfaat yang sudah disebutkan diatas, ternyata biji gambas dapat menghasilkan minyak goreng. Wahh.. dengan tak heran Amerika sudah melirik peluang bisnis dibalik tanaman yang cepat dan mudah berbuah ini.

Tak hanya berkhasiat bagi diabetes, oyong dapat menyembuhkan beberapa penyakit lain, misalnya radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI).

Berikut Langkah yang Perlu Dilakukan :

  1. Bagi penderita radang usus, disarankan ambil oyong yang sudah tua secukupnya. Potonglah oyong hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh air panas setengah gelas dan minumlah 1-2 kali sehari.
  2. Bagi penderita asma, ambil oyong muda beserta tangkainya dan buatlah jus. Minumlah jus oyong ini 2 kali sehari secara teratur.
  3. Sedangkan, untuk radang tenggorokan, bisa mengkonsumsi satu buah oyong muda dalam bentuk jus dan tambahkan ke dalamnya gula batu atau gula pasir. Minumlah 2-3 kali sehari secara teratur.
  4. Oyong juga berkhasiat menambah volume Air Susu Ibu. Caranya, buah oyong dan bijinya dipanggang, lalu ditumbuk halus. Seduhlah setiap 6 gram bubuk oyong dengan setengah gelas air panas, minumlah 1-2 kali sehari.
  5. Untuk anak-anak yang menderita cacingan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi biji oyong hitam 30 gram sedangkan untuk dewasa 40-50 gram. Oyong ditumbuk halus, seduhlah bubuk biji oyong itu dengan air panas secukupnya, minumlah sehari sekali.
  6. Penderita radang kelenjar telinga juga bisa memanfaatkan oyong sebagai obat alternatif. Caranya, Ambil oyong 500 gram dipotong kecil-kecil dan campurkan dengan daun sambiloto sebanyak 50 buah. rebuslah kedua bahan itu dengan air 2 liter, biarkan hingga air rebusan tersisa 500 cc, dan minumlah 2-3 kali sehari.
  7. Untuk melancarkan peredaran darah, ambil oyong 205 gram dan jamur kuping hitam 20 gram, masaklah sesuai selera dan masakan tersebut berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

Itu dia manfaat buah gambas untuk kesehatan tubuh yang sangat berguna untukmengobati beberapa penyakit seperti diatas agar tetap sehat selalu dengan cara tradisional alami.

0 Comments: