INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inilah Manfaat Khasiat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Khasiat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh

 

Rutinitas sehari-hari yang padat menuntut kita senantiasa aktif dan produktif. Untuk itu, diperlukan kondisi tubuh yang segar dan prima agar kita bisa menjalankan berbagai aktivitas sepanjang hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan tetap prima adalah dengan mandi pagi. Saya yakin kamu semua melakukan kebiasaan ini setiap hari, bukan? Memang terkesan sepele, namun sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Menurut beberapa penelitian, sebaiknya manusia membiasakan diri untuk mandi pagi setiap hari dengan air dingin. Mandi pagi dengan air dingin tidak hanya bertujuan untuk membersihkan badan saja lho. Ternyata kebiasaan ini memiliki banyak manfaat lainnya yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Berikut 7 manfaat mandi pagi dengan air dingin yang perlu kamu ketahui:

Mandi Pagi Mampu Melancarkan Peredaran Darah
Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar.

Meningkatkan Sel Darah Putih
Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya, tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Menurunkan Resiko Darah Tinggi
Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, kebiasaan mandi dengan air dingin akan menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

Meningkatkan Kesuburan
Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah pun akan semakin meningkat.

Memperbaiki Kesehatan Jaringan Tubuh
Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin baik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu menyamarkan noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata, sehingga kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit terlihat lebih keriput dan kurang kenyal.

Membuat Rambut Lebih Sehat
Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin? Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Meredakan Depresi
Ritual mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang tempo dulu. Ritual ini biasa disebut misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Nah itu dia sahabat penjelasan tentang manfaat mandi pagi hari untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari sekarang jangan malas untuk mandi pagi hari jangan bangun siang hari.

0 Comments: