INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inilah Manfaat Khasiat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Khasiat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan Tubuh

 

Daun tempuyung memiliki manfaat sebagai obat herbal dikarenakan kandungan senyawa-senyawa yang dimilikinya. Beberapa diantaranya ialah saponin, flavonoid, polifenol, beta-lactucerol, alfa-lactucerol, inositol, manitol, kalium, taraksasterol, dan silika.

Suatu penelitian dilakukan oleh Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta berkenaan manfaat daun tempuyung sebagai obat batu ginjal. Beliau merendam beberapa batu ginjal yang sudah dikeluarkan dalam air rebusan daun tempuyung pada suhu 30-35 derajat celcius.

Dalam percobaan ini, sebagian rendaman batu ginjal digoyangkan menyerupai gerakan dalam tubuh, dan sebagian lagi didiamkan. Sesudahnya, batu ginjal ditimbang dan kandungan kalsium dalamnya diukur secara kimiawi. Hasilnya memuaskan karena seluruh batu ginjal percobaan berkurang bobotnya.

Beliau juga meneliti kemampuan daun tempuyung dalam meluruhkan batu ginjal dengan menggunakan sinar rontgen dan memeriksa kristal dalam air seni. Hasil penelitian ini pun sama-sama memuaskan, daun tempuyung sanggup menghancurkan batu ginjal di dalam tubuh. Dan dari hasil penelitian lain didapati bahwa kandungan kalium dalam daun tempuyung yang berperan penting dalam peluruhan batu ginjal.

Daun tempuyung memang memiliki kalium yang cukup limpah. Kalium sanggup menguraikan kalsium karbonat dengan cara menggabungkan diri bersama senyawa karbonat, oksalat, atau kristal urat yang adalah komponen batu ginjal. Ini menyebabkan endapan batu ginjal akhirnya terpecah dan gampang larut bersama urin.

Selain sebagai obat batu ginjal, terdapat cukup beragam manfaat daun tempuyung lainnya. Salah satunya sebagai obat asam urat. Hal ini masih berkaitan erat dengan kemampuan tempuyung untuk melarutakan kristal urat dalam kasus batu ginjal. Penderita asam urat mengalami pengendapan kristal urat di pembuluh darah kapiler yang kerap menimbulkan nyeri menyakitkan di persendian.

Penyakit yag dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Penyakit saluran kencing
Ambil daun tempuyung yang masih segar
Cuci sampai bersih
Panggang daun tempuyung tersebut dibara api sebentar saja, (sampai sedikit layu)
Jadikan daun tempuyung tersebut sebagai lalapan, lauk nasi.

Kencing batu
Ambil 150 mg daun tempuyung yang sudah kering
Cuci sampai bersih
Rebus ramuan tersebut dengan volume air 250 cc sampai mendidih
Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari sampai penyakit sembuh.

Bisul
Ambil batang dan daun tempuyung
Cuci sampai bersih
Tumbuk sampai halus kedua ramuan tersebut
Peras ambil airnya
Oleskan pada bagin yang bisul air dan perasan ramuan tersebut.

Kandung kencing dan batu empedu
Persiapkan : 5 lembar daun tempuyung dan tambahkan parutan kelapa secukupnya.
Cara pengolahan : Cuci Bersih dan diasapkan sebentar kemudian campurkan dengan parutan kepala seperti dengan cara membuat urap.
Cara penggunaan : Dimakan bersama dengan nasi anget sebagai lalapan dapat dikonsumsi dalam 3 x 1 hari.

Darah tinggi
Persiapkan : 5-10 lembar daun tempuyung dan juga parutan kelapa kira-kira secukupnya tambahkan juga Belimbing wuluh kira-kira secukupnya sebagai campuran.
Cara pengolahan: Cuci bersih terlebih dahulu kemudian diasapkan dan berikutnya dicampur dengan parutan kepala. Belimbingnya dipotong dadu untuk campuran lalapan.
Cara penggunaan: Dimakan dengan nasi putih anget sebagai lalapan dapat dikonsumsi dalam 3 x 1 hari.

Kegemukan (obesitas).
Persiapkan : Daun Tempuyung 4 lembar Air 100 ml
Cara pengolahan: direbus sampai mendidih.
Cara penggunaan : Diminum untuk sekali. Dianjurkan selama 21 hari

Mastitis
Persiapkan : 15 gram tempuyung dua gelas air putih Tambahkan madu kira-kira secukupnya untuk mengurangi rasa pahit di mulut.
Cara pembuatan: Rebus daun tempuyung sampai airnya jadi 1 gelas.
Cara penggunaan : Tambahkan madu dan diminum selagi hangat.

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang khasiat daun tempuyung bagi kesehatan yang berguna untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang sering mengganggu kesehatan tubuh kita.

0 Comments: