INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inilah Manfaat Khasiat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Khasiat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

 

Buah siwalan atau orang pantai utara lebih mengenal dengan sebutan ental atau Lontar banyak terdapat di daerah-daerah pegunungan dan daerah-daerah yang berdekatan dengan laut.

Buah Siwalan juga merupakan buah yang segar dan rasanya seperti kulang kaling. Biasanya orang lebih memilih menjadikan buah ini sebagai campuran minuman segar. Namun, tahukah anda jika buah siwalan ini selain memiliki rasa yang segar, ternyata juga dipercaya memiliki beberapa kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut Adalah Manfaat Buah Lontar :

1. Bagian buah tua dapat digunakan sebagai obat kulit (dermatitis), akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.

2. Bunga siwalan atau abu mayang (spadix) dapat digunakan untuk pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.

3. Untuk daging buah muda yang berwarna putih kaca/transparan merupakan merupakan buah yang memiliki sumber karbohidrat berupa sukrosa, glukosa dan air. kadar protein dan lemaknya sangat rendah dibawah 1%, serta sedikit serat.

4. Pada satu pohon siwalan dapat menghasilkan sekitar enam liter nira. Dan nira tersebut dipercaya dapat digunakan sebagai minuma isotonic seperti minuman sintetik yang ada di pasaran, bahkan lebih bagus karena alamiah.

5. Nira siwalan atau legen sangat mudah terkontaminasi karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti gula, protein, lemak dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan mikroba.

6. Legen yang dihasilkan dari pohon siwalan dipercaya bisa membantu kesehatan fungsi ginjal. Bahkan ada beberapa jenis legen (tergantung dari kualitas pohon) yang bisa mengobati penyakit impotensi dan menambah air mani. Tetapi perlu hati-hati dalam memilih legen, Sebab, tak sedikit pula para penjual minuman legen telah mencapurnya dengan bahan lain yang membuat kemurnian legen sudah hilang.

Nah itulah manfaat buah lontar untuk kesehatahn tubuh yang berguna untuk mengobati beberapa penyakit yang merugikan tubuh kita agar terlihat sehat dengan cara tradisional alami.

0 Comments: