INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inilah Manfaat Daun Dolar Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Daun Dolar Untuk Kesehatan Tubuh

 

Nama latin tanaman yang dikenal dengan tanaman dollar adalah Zamioculcas zamifolia. Berasal dari benua Afrika, di negara Kenya, Tanzania, dan Zanzibar. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Di habitat aslinya, Zamioculcas hidup di padang rumput kering dengan tanah berbatu. Sifat aslinya ini membuat tanaman ini tidak merepotkan dalam perawatannya.

Zamiocurcas merupakan tanaman import yang diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 1996. Walaupun sebenarnya di Indonesia sendiri sudah ada jenis lokal yaitu Zamia zamiifolia. Bedanya jenis lokal pertumbuhannya lebih cepat dan sering ditanam di taman karena lebih bersahabat dengan sinar matahari dibanding dengan Zamiocurcas jenis import.

Tanaman dollar ini biasa kita kenal dengan tanaman atau daun jawa. Meski demikian, tanaman ini merupakan jenis tanaman yang awalnya berasal dari Afrika, tepatnya Kenya. Biasanya tanaman ini tinggal dan hidup pada lokasi yang memiliki kontur tanah berbatu dan juga padang rumput kering, sehingga tidak merepotkan dalam hal perawatannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman dollar :

Dapat mengobati dan mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti mencret dan ambeien

Manfaat pertama dari tanaman atau daun dollar ini adalah untuk membantu menyembuhkan penyakit mencret dan juga dapat membantu meringankan gejala ambeien yang dialami oleh penderitanya. Untuk dapat mengambil manfaat ini, maka anda bisa menggunakan batang dari daun dollar ini untuk mengobati gejala – gejala tersbebut. Berikut ini adalah beberap acara dan juga langkah – langkah yang bisa anda lakukan :

Ambil kurang lebih 15 gram batang daun dollar
Cuci bersih, lalu kemudian rebus dengan kira-kira 2 gelas air hingga mendidih
Dinginkan, lalu saring air hasil rebusannya
Minum hasil rebusan tersebut selama dua kali sehari

Hal ini akan membantu anda dalam meringankan dan membantu menyembuhkan gejala ambeien yang ada di dalam tubuh anda.

Dapat menetralisir radikal bebas, karena memiliki kandungan flavonoid dan juga polyphenol

Ternyata manfaat daun dollar atau yang dikenal sebagai tanaman jawa ini juga sangat baik sebagai salah satu daun yang mampu menangkal radikal bebas. Hal ini disebabkan karena daun dollar inI merupakan jenis tanaman yang memiliki kandungan flavonoid dan juga polyphenol yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat sebagai tanaman yag dapat menangkal radikal bebas.

Seperti kita ketahui, radikal bebas merupakan salah satu biang keladi dari permasalahan kesehatan di dalam tubuh manusia. Karena itu, dengan adanya daun dollar ini, maka anda bisa terhindar dari munculnya gejala dan juga gangguan kesehatan yang dapat merugikan anda.

Apakah daun dollar berbahaya untuk kesehatan?

Beberapa waktu ini, tepatnya pada awal tahun 2016 muncul pesan berantai mengenai daun dollar atau tanaman dollar yang beracun dan dapat membahayakan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan bahwa tanaman atau daun dollar ini dapat menyebabkan manusia mengalami leukemia, bahkan menyebabkan kemunculan kanker. Apakah berita tersebut benar?

Ternyata berita tersebut adalah berita bohong, alias hoax. Mengkonsumsi tanaman dollar atau daun dollar ini tidak akan menyebabkan seseorang mengalami leukemia dan juga kanker. fakta bahwa pada dasarnya tanaman dollar ini merupakan jenis tanaman yang memiliki kandungan flavonoid dan juga kandungan polyphenol, mematahkan hal tersebut.

Yang menarik dari Zamioculcas zamifolia atau pohon dollar ini adalah daunnya yang mempunyai ciri khas yaitu daun tumbuh sejajar di sepanjang batangnya dengan jarak yang agak jauh dari satu daun ke daun lainnya. Ini salah satu alasan mengapa disebut dengan pohon dollar. Daun berbentuk simetris, tebal karena mengandung banyak air, daun berwarna hijau tua mengkilap. Jumlah daun yang tumbuh tidak banyak. Daya tarik lain adalah pangkal batang yang dapat membesar sehingga membentuk bonggol yang unik. Perlu diketahui bahwa, pohon Zamia mempunyai kelebihan untuk apdatasi terhadap temperatur udara sehingga mampu hidup di wilayah tropis hingga sub tropis.

Itulah yang saya sampaikan tentang manfaat daun dolar yang sehat untuk kesehatan tubuh yang mampu mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit yang dapat merugikan kesehatan kita.

0 Comments: