INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inilah Manfaat dan Khasiat Kunyit Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat dan Khasiat Kunyit Putih Bagi Kesehatan Tubuh

 

Nama latin darti tanaman ini adalah curcuma alba atau curcuma mangga. Nama daerahnya temu mangga atau kunyit putih di daerah jogjakarta. Dalam farmakologi China dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tumbuhan ini memiliki sifat menghentikan pendarahan, anti inflamasi, dan menambah nafsu makan.
Umumnya penyakit kanker baru diketahui pada stadium lanjut, sehingga pengobatannya menjadi lebih sulit. Pengobatan dengan cara modern masih dirasa banyak memberikan efek samping, sedangkan prosentase keberhasilannya belum cukup maksimal, sehingga perlu ditunjang dengan pengobatan alternatif atau pengobatan tradisional dengan menggunakan keberagaman hayati herbal nusantara.

Salah satu pengobatan alternatif tersebut adalah dengan menggunakan kunyit putih, belum banyak orang mengatahui khasiat Kunyit Putih (Curcuma zedoaria) yang ternyata banyak bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagian yang paling berkhasiat adalah rimpangnya.

Kunyit putih mengandung senyawa seperti kurkuminoid yang secara detil teridiri dari kurkumin, bosdesmetoksikurkumin, desmetoksikurkumin, keton sesquiterpen, tumeron, tumein, sabinen, felander, dan borneol. Selain itu, kunyit putih juga mengandung lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, mineral, minyak atsiri, pati, serat alami, zat besi, kalsium dan juga fosfor. Mengacu pada kandungan yang kompleks ini, menjadikan manfaat kunyit putih juga beragam.

Penelitian terbaru menyebutkan bawa jenis kunyit putih mangga atau curcuma mangga memiliki efek farmakologis terhadap sel kanker. Khasiat ini berdasarkan uji coba laboratorium dimana sel kanker yang dikembangbiakkan untuk kepentingan ilmiah diberikan konsentrat kunyit putih terbukti lumpuh dan tak lagi menyerang sel sehat. Penelitian ini sejalan dengan apa yang dilakukan oleh American Institute of Cancer yang menyatakan bahwa kandungan anti-oksidan pada kunyit putih sangat ampuh mencegah kerusakan DNA yang merupakan biang kanker.

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel – sel jaringan tubuh yang baru (neoplasma), tidak normal (hasil mutasi genetis sel), cepat, dan tidak terkendali. Oleh karena itu, kanker bukanlah penyakit infeksi akibat serangan kuman. Kanker tumbuh dari sel – sel organ yang mengalami mutasi genetis. Mutasi genetis meerupakan sel yang tumbuh tidak normal dan bersifat destruktif (tidak mengikuti hukum pertumbuhan sel dan cenderung merusak).

Zedoarin, kurdiona dan kurkumol. Zat-zat tersebut ternyata bersifat anti neoplastik merusak pembentukan ribosoma pada sel-sel kanker dan jaringan liar dengan cara meningkatkan pembentukan jaringan fibroblast di sekeliling jaringan kanker, lalu membentuk lapisan limfosit dalam sel-sel jaringan kanker dan membungkusnya, sehingga sel-sel jaringan kanker tersebut tidak dapat berkembang, akhirnya sel-sel kanker akan mati, dan tidak menimbulkan bahaya lagi.

Khasiat kunyit putih bagi kesehatan lengkap dengan cara penggunaannya :

Mengurangi gejala sakit lambung atau sakit maag
Anda yang berisiko terkena maag atau penyakit lambung. Mencoba mengurangi risiko buruk yang akan ditimbulkan jika Anda posituf terkena penyakit maag atau penyakit lambung dengan rutin mengkonsumsi minuman atau makanan yang diolah dengan memakai kunyit putih di dalamnya.

Penambah nafsu makan
Sama dengan temulawak, kunyit putih ternyata mampu membantu menambah nafsu makan Anda. Nafsu makan yang buruk membuat Anda mudah merasa lelah ketika menjalani aktivitas karena makanan yang ada di dalam perut tidak seimbang atau cenderung kekurangan. Menambah nafsu makan juga baik untuk Anda yang sedang melakukan program menambah berat badan. Lebih banyak makan dan minum kunyit putih untuk nafsu makan yang baik dan teratur.

Membantu menghambat dan menekan pertumbuhan sel kanker
Karena kunyit putih memiliki kandungan alami yang mana berkhasiat nyata untuk membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Cara mengolah kunyit putih tidaklah sulit, cukup dengan mengambil ektrak yang terdapat di dalam kunyit putih lalu dimasukkan ke dalam sebuah kapsul untuk kemudian diminum, hampir sama dengan kebiasaan yang Anda lakukan, yakni mengkonsumsi tablet vitamin atau suplemen. Atau kunyit putih bisa diparut halus, diperas sarinya dan diminum langsung.

Mengobati diare
Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan yang pada akhirnya menyebabkan diare dapat mencoba untuk mengobatinya dengan memanfaatkan tumbuhan herbal alami, yakni kunyit putih.

Menghentikan pendarahan
Banyak mengkonsumsi kunyit putih akan membuat Anda jauh lebih sehat dan kuat, baik kekuatan di luar tubuh maupun kekuatan yang ada di dalam tubuh. Mengkonsumsi kunyit putih bisa dengan memasukkan irisan kunyit putih pada secangkir teh yang akan Amda minum.

Demikian yang saya jelaskan tentang khasiat kunyit putih bagi kesehatan yang mampu mencegah dan mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti diatas yang perlu anda ketahui agar selalu menjaga kesehatannya dari penyakit.

0 Comments: